PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
|
NO
|
JENIS
|
SUDAH DILAKSANAKAN
|
AKAN DILAKSANAKAN
|
1
| Standar Isi |
- Pelaksanaan Kurikulum berdasar kan KTSP (Kurikulum 2006)
- Pengaturan beban belajar
- Penentuan KKM
- Penyusunan Kalender Pendidikan
- Mata Pelajaran Muatan Lokal
- Kegiatan Ekstra Kurikuler
- Pengembangan Silabus dan RPP
|
- Program Pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling dan Privat
- Aspek Penentuan KKM
- Penambahan Jam untuk Kelas XII, khusus Mata Pelajaran INDOMIE untuk menghadapi UAN
|
2
| Standar Proses |
- Semua Mata Pelajaran memiliki RPP dan Silabus
- Beban mengajar untuk Guru DPK dan GTY minimal 24 Jam
- Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dg langkah-langkah pembelajaran
- Supervisi kelas
- Memberi kesempatan kepada semua Guru untuk mengikuti DIKLAT
|
- Minimal 75% Mapel sudah memiliki Silabus dan RPP
- Pengadaan buku/Modul Siswa belum sebanding
- Menggunakan buku-buku yang ada di Perpustakaan sebagai Sumber Belajar
- Evaluasi Guru dalam proses pembelajaran
|
3
| Standar Kompetensi Lulusan |
- Siswa Lulus minimal sesuai KKM
- Ketersediaan Bahan Ajar
- Penggunaan Lab. Komputer, Lab. Adm. Perkantoran, Lab. Akuntansi dan Lab. Penjualan/Pemasaran
- Penegakan Tata Tertib Sekolah
- Peringatan Hari Besar Islam dan hari besar Nasional
- Pembiasaan hidup bersih dan sehat
- Ibadah Sholat Dhuhur dan Sholat Jum’at berjama’ah (Minggu ke-4)
|
- Majalah Dinding
- Penulisan Karya Tulis Siswa
- Mengikuti Lomba Keterampilan Siswa (PKS)
|
4
| Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan |
- Pendidikan Berlatar Belakang S-1
- Latar belakang pendidikan sesuai dg Mata Pelajaran yang diajarkan
- Guru memiliki Kompetensi Pedago-gik, Kepribadian, Manajerial, Sosial dan Supervisi
- Guru memiliki SK Pengangkatan DPK, GTY dan GTT
- Kepala Sekolah Pendidikan terakhir minimal S-1
- Rata-rata kehadiran Guru dalam satu semester 99%
- Kelulusan Siswa Tahun Pelajaran 2013/2014 100%
- Memiliki penjaga sekolah
|
- Guru yang belum S-1 dianjurkan melanjutkan ke jenjang S-1
- Merencanakan program supervisi akademik secara kontinyu
- Memaksimalkan penggunaan Perpustakaan oleh para Guru mata pelajaran
- Guru yang sudah berijazah S-1 didorong untuk melanjutkan studi ke S-2
|
5
| Standar Sarana dan prasarana |
- Sekolah berada di lokasi yang aman
- Lokasi sekolah sesuai dengan perun-tukan dan memiliki status hak tanah
- Bangunan memenuhi ketentuan luas minimal sesuai dengan rasio jumlah siswa
- Struktur bangunan stabil dan kokoh
- Sekolahan memiliki sanitasi di dalam dan di luar dan dapat memenuhi kebutuhan
- Bangunan sekolah memiliki ventilasi udara yang cukup
- Instalasi Listrik 2500 watt lebih
- Pemiliharaan sekolah dilakukan secara berkala
- Sekolah memiliki sarana ruang kelas, perpustakaan, Kepala Seko-lah, Guru, tempat ibadah, UKS, Jamban/WC, gudang dan Lab. Komputer Siswa
- Ruang kelas sesuai dg jumlah kelas
- Rasio buku teks 1 buku 1 siswa yang dimiliki yaitu Matematika, PPKn, IPS, Bhs. Indonesia, Bhs. Inggris
- Memiliki Lab. Adm. Perkantoran, Lab. Akuntansi dan Lab. Penjualan/Pemasaran
- Meiliki sarana Olah Raga, pengeras suara, Tape Recorder, Komputer dan LCD Projektor di masing-masing kelas
|
- Belum memiliki Ruang Lab. Bahasa
- Sarana kelas perlu dilengkapi Almari untuk penyimpanan inventaris kelas dan hasil karya siswa
- Mengusahakan buku/modul siswa
- Melengkapi dan memperbaiki sarana Ruang Perpustakaan
|
6
| Standar Pengelolaan |
- Sekolah memiliki Visi dan Misi
- Perumusan Visi dan Misi ditetap-kan melalui keputusan bersama
- Sekolah memiliki tujuan lembaga, rencana kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan
- Sekolah memiliki Struktur Organisasi
- Sekolah memiliki pedoman dan pengelolaan sekolah secara tertulis
- Sekolah melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler dan pembinaan prestasi
- Sekolah melakukan pengembangn kurikulum
- Sekolah mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan bidang tugasnya masing masing
- Pengelolaan pembiayaan pendidik an dilakukan melalui pembukuan yang teratur
- Evaluasi kinerja pendidik dila-kukan secara periodic
|
- Memberdayakan kebera daan Alumni
- Pemberdayaan bimbingan dan layanan
- Merencanakan pemberian penghargaan terhadap guru yang berprestasi
- Merencanakan penggalian sumber dana dan peran serta masyarakat
- Mendorong Guru untuk meningkatkan pengeta-huan dibidang Teknologi Informatika (TI)
|
7
| Standar Pembiayaan |
- Kerjasama dengan wali murid dan alumni dalam pengadaan sarana dan prasarana
- Sekolah menganggarkan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan, honor dan gaji guru
- Sekolah menganggarkan untuk kegiatan pembelajaran, kesiswaan dan pengadaan ATK
- Sekolah memungut biaya pendidi-kan sejumlah siswa
- Pengelolaan keuangan sekolah dilakukan secara sistematis, transpa-ran, efisien dan akuntabel
|
- Peningkatan honor atau gaji guru
- Mendorong guru untuk menyusun modul pembelajaran
- Sekolah mengusahakan biaya bagi siswa yang tdk mampu dan berprestasi
|
8
| Penilaian Pendidikan |
- Guru membagikan hasil belajar siswa setiap akhir semester
- Teknik penilaian meliputi Tes Tertu-lis, Lisan, Sikap, Tugas dan Portofolio
- Menentukan kenaikan kelas dan kelulusan melalui proses rapat guru
- Sekolah mengkoordinasikan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas dengan membentuk kepanitiaan
- Mengusahakan rata-rata lulusan di atas KKM
- Sekolah menyerahkan SKHU, UASBN dan Ijazah kepada setiap siswa yang telah lulus
|
1. Program remidi dan penga yaan dibuat secara teratur
2. Setiap tahun ada peningkatan KKM |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar