Penerapan 8 SNP

PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
NO
JENIS
SUDAH DILAKSANAKAN
AKAN DILAKSANAKAN
1
Standar Isi
  1. Pelaksanaan Kurikulum berdasar kan KTSP (Kurikulum 2006)
  2. Pengaturan beban belajar
  3. Penentuan KKM
  4. Penyusunan Kalender Pendidikan
  5. Mata Pelajaran Muatan Lokal
  6. Kegiatan Ekstra Kurikuler
  7. Pengembangan Silabus dan RPP
  1. Program Pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling dan Privat
  2. Aspek Penentuan KKM
  3. Penambahan Jam untuk Kelas XII, khusus Mata Pelajaran INDOMIE untuk menghadapi UAN
2
Standar Proses
  1. Semua Mata Pelajaran memiliki RPP dan Silabus
  2. Beban mengajar untuk Guru DPK dan GTY minimal 24 Jam
  3. Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dg langkah-langkah pembelajaran
  4. Supervisi kelas
  5. Memberi kesempatan kepada semua Guru untuk mengikuti DIKLAT
  1. Minimal 75% Mapel sudah memiliki Silabus dan RPP
  2. Pengadaan buku/Modul Siswa belum sebanding
  3. Menggunakan buku-buku yang ada di Perpustakaan sebagai Sumber Belajar
  4. Evaluasi Guru dalam proses pembelajaran
3
Standar Kompetensi Lulusan
  1. Siswa Lulus minimal sesuai KKM
  2. Ketersediaan Bahan Ajar
  3. Penggunaan Lab. Komputer, Lab. Adm. Perkantoran, Lab. Akuntansi dan Lab. Penjualan/Pemasaran
  4. Penegakan Tata Tertib Sekolah
  5. Peringatan Hari Besar Islam dan hari besar Nasional
  6. Pembiasaan hidup bersih dan sehat
  7. Ibadah Sholat Dhuhur dan Sholat Jum’at berjama’ah (Minggu ke-4)
  1. Majalah Dinding
  2. Penulisan Karya Tulis Siswa
  3. Mengikuti Lomba Keterampilan Siswa (PKS)
4
Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
  1. Pendidikan Berlatar Belakang S-1
  2. Latar belakang pendidikan sesuai dg Mata Pelajaran yang diajarkan
  3. Guru memiliki Kompetensi Pedago-gik, Kepribadian, Manajerial, Sosial dan Supervisi
  4. Guru memiliki SK Pengangkatan DPK, GTY dan GTT
  5. Kepala Sekolah Pendidikan terakhir minimal S-1
  6. Rata-rata kehadiran Guru dalam satu semester 99%
  7. Kelulusan Siswa Tahun Pelajaran 2013/2014 100%
  8. Memiliki penjaga sekolah
  1. Guru yang belum S-1 dianjurkan melanjutkan ke jenjang S-1
  2. Merencanakan program supervisi akademik secara kontinyu
  3. Memaksimalkan penggunaan Perpustakaan oleh para Guru mata pelajaran
  4. Guru yang sudah berijazah S-1 didorong untuk melanjutkan studi ke S-2
5
Standar Sarana dan prasarana
  1. Sekolah berada di lokasi yang aman
  2. Lokasi sekolah sesuai dengan perun-tukan dan memiliki status hak tanah
  3. Bangunan memenuhi ketentuan luas minimal sesuai dengan rasio jumlah siswa
  4. Struktur bangunan stabil dan kokoh
  5. Sekolahan memiliki sanitasi di dalam dan di luar dan dapat memenuhi kebutuhan
  6. Bangunan sekolah memiliki ventilasi udara yang cukup
  7. Instalasi Listrik 2500 watt lebih
  8. Pemiliharaan sekolah dilakukan secara berkala
  9. Sekolah memiliki sarana ruang kelas, perpustakaan, Kepala Seko-lah, Guru, tempat ibadah, UKS, Jamban/WC, gudang dan Lab. Komputer Siswa
  10. Ruang kelas sesuai dg jumlah kelas
  11. Rasio buku teks 1 buku 1 siswa yang dimiliki yaitu Matematika, PPKn, IPS, Bhs. Indonesia, Bhs. Inggris
  12. Memiliki Lab. Adm. Perkantoran, Lab. Akuntansi dan Lab. Penjualan/Pemasaran
  13. Meiliki sarana Olah Raga, pengeras suara, Tape Recorder, Komputer dan LCD Projektor di masing-masing kelas
  1. Belum memiliki Ruang Lab. Bahasa
  2. Sarana kelas perlu dilengkapi Almari untuk penyimpanan inventaris kelas dan hasil karya siswa
  3. Mengusahakan buku/modul siswa
  4. Melengkapi dan memperbaiki sarana Ruang Perpustakaan
6
Standar Pengelolaan
  1. Sekolah memiliki Visi dan Misi
  2. Perumusan Visi dan Misi ditetap-kan melalui keputusan bersama
  3. Sekolah memiliki tujuan lembaga, rencana kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan
  4. Sekolah memiliki Struktur Organisasi
  5. Sekolah memiliki pedoman dan pengelolaan sekolah secara tertulis
  6. Sekolah melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler dan pembinaan prestasi
  7. Sekolah melakukan pengembangn kurikulum
  8. Sekolah mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan bidang tugasnya masing masing
  9. Pengelolaan pembiayaan pendidik an dilakukan melalui pembukuan yang teratur
  10. Evaluasi kinerja pendidik dila-kukan secara periodic
  1. Memberdayakan kebera daan Alumni
  2. Pemberdayaan bimbingan dan layanan
  3. Merencanakan pemberian penghargaan terhadap guru yang berprestasi
  4. Merencanakan penggalian sumber dana dan peran serta masyarakat
  5. Mendorong Guru untuk meningkatkan pengeta-huan dibidang Teknologi Informatika (TI)
7
Standar Pembiayaan
  1. Kerjasama dengan wali murid dan alumni dalam pengadaan sarana dan prasarana
  2. Sekolah menganggarkan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan, honor dan gaji guru
  3. Sekolah menganggarkan untuk kegiatan pembelajaran, kesiswaan dan pengadaan ATK
  4. Sekolah memungut biaya pendidi-kan sejumlah siswa
  5. Pengelolaan keuangan sekolah dilakukan secara sistematis, transpa-ran, efisien dan akuntabel
  1. Peningkatan honor atau gaji guru
  2. Mendorong guru untuk menyusun modul pembelajaran
  3. Sekolah mengusahakan biaya bagi siswa yang tdk mampu dan berprestasi
8
Penilaian Pendidikan
  1. Guru membagikan hasil belajar siswa setiap akhir semester
  2. Teknik penilaian meliputi Tes Tertu-lis, Lisan, Sikap, Tugas dan Portofolio
  3. Menentukan kenaikan kelas dan kelulusan melalui proses rapat guru
  4. Sekolah mengkoordinasikan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas dengan membentuk kepanitiaan
  5. Mengusahakan rata-rata lulusan di atas KKM
  6. Sekolah menyerahkan SKHU, UASBN dan Ijazah kepada setiap siswa yang telah lulus
1. Program remidi dan penga yaan dibuat secara teratur
2. Setiap tahun ada peningkatan KKM


Update : 03/2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar